ERANASIONAL.COM – ASUS masih sulit untuk digeser oleh vendor lainnya dalam perebutan pasar personal computing (PC) tradisional di Indonesia. Buktinya perusahaan asal China masih bertengger diposisi pertama sebagai penguasa pasar PC tanah air.

Menurut IDC Indonesia, dikutip Senin (29/3/2021), ASUS berhasil mengamankan posisi teratas sebagai penguasa pasar PC Indonesia di 2020 meski pangsa pasarnya turun menjadi 30,7% secara tahunan (yoy).

Pengiriman ASUS untuk segmen konsumen sangat dipengaruhi oleh kendala ketersediaan barang, namun ASUS berhasil untuk mempertahankan posisi sebagai market leader di pasar gaming notebook.

“Bertolak belakang dengan segmen konsumen, segmen komersial ASUS menunjukkan kinerja yang baik berkat proyek penerapan Chromebook di bidang pendidikan,” tulis IDC Indonesia dalam laporan tertajuk “IDC Quarterly Personal Computing Device Tracker, 4Q20”.

Pada posisi kedua, ada Acer Group. Pangsa pasarnya mencapai 21,7%. Acer miliki pangsa pasar besar di 2020 karena proyek pengadaan Chromebook di bidang pendidikan berkontribusi pada impresifnya kinerja tahunan Acer di segmen komersial.

Ketiga ada Lenovo dengan pangsa pasar sebesar 20,2% pada tahun 2020. Pemenuhan perangkat di sektor swasta dan publik tetap berlanjut di tahun 2020 tetapi lebih kecil jika dibandingkan dengan tahun 2019 dikarenakan adanya kendala akan ketersediaan barang.