“Kita perlu bertanggung jawab dalam memanfaatkan teknologi, sehingga peluang memanfaatkan teknologi Artificial Inteligent (AI) kita dapatkan dan ancaman mampu diantisipasi,” Imbuhnya.

Dosen Ilmu Komunikasi FISIP UNHAS, Sartika Sari Wardanhi mengatakan pemanfaatan AI ancaman atau peluang.

Selain itu, dirinya juga mengatakan, hindari kecurangan yang dapat merugikan individu, seperti plagiat, ghostwriting (penulis bayangan), editorial misconduct (kesalahan editorial), scientific fraud (penipuan ilmiah), fabrication (pembuatan), pemalsuan, conversely, dan salami publication (tindakan membagikan naskah menjadi beberapa makalah kecil).

“Manfaatkanlah teknologi pada hal-hal yang baik,kita hormati ilmu pengetahuan, kita dukung semua bentuk kemajuan, tetapi semua harus demi mengangkat derajat manusia,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Workshop Literasi Digital ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi. Adapun informasi lebih lanjut mengenai literasi digital dan info kegiatan dapat diakses melalui website info.literasidigital.id, media sosial Instagram @literasidigitalkominfo Facebook Page dan Kanal Youtube Literasi Digital Kominfo.