JAKARTA, Eranasional.com, – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi menyelenggarakan Workshop Literasi Digital secara daring pada Jumat, 8 September 2023 dengan topik “Peran Media Sosial Untuk Mempromosikan Usaha”.

Dalam merespon hal tersebut, Kemenkominfo menyelenggarakan “Workshop Literasi Digital” dengan tagline yaitu Makin Cakap Digital 2023 dengan Kelompok Masyarakat dan Komunitas Sumatera.

Mujiantok mengatakan Transformasi digital memiliki dampak yang signifikan dalam meningkatkan peluang ekonomi dalam berkehidupan.

“Transformasi digital memiliki dampak yang signifikan dalam meningkatkan peluang ekonomi dalam berkehidupan. Perekonomian yang baik, stabil, dan sehat tentu menjadi dambaan setiap warga masyarakat. Cakap berliterasi digital salah satu upaya yang bisa digunakan untuk meraih peluang tersebut. Kesadaran tersebut tidak hanya milik individu, namun seluruh masyarakat hendaknya memilikinya.” Katanya.

Kedua, Bevaola Kusumasari mengungkapkan dalam era digital ada banyak peluang pekerjaan yang muncul, berpikir terbuka dan selalu belajar adalah kunci untuk sukses memaksimalkan peluangan yang ada.

“Pada era digital ada banyak peluang pekerjaan yang muncul, berpikir terbuka dan selalu belajar adalah kunci untuk sukses memaksimalkan peluangan yang ada.” katanya.

Lalu dia juga mengatakan konsistensi dan komunikasi yang terbuka dengan mereka sangat penting. Dengan memberikan panduan dan dukungan yang tepat, Generasi Alpha dapat tumbuh dan berkembang menjadi pengguna internet yang bertanggung jawab dan etis.

“Dalam mengajarkan etika internet pada Generasi Alpha, konsistensi dan komunikasi yang terbuka dengan mereka sangat penting. Dengan memberikan panduan dan dukungan yang tepat, Generasi Alpha dapat tumbuh dan berkembang menjadi pengguna internet yang bertanggung jawab dan etis.” tambahnya.

Tommy Widiyatno mengatakan memprioritaskan masyarakat dari pada industri teknologi sebagai pendorong dan penggerak untuk kesejahteraan bersama

“Prioritas penggunaan teknologi guna memecahkan masalah yang lebih besar semisal dlm bidang: perubahan iklim, pengelolaan energi, kesejahteraan yg nyata tak merata” katanya

Data Literasi Digital

Perlu diketahui, Berdasarkan Survei Indeks Literasi Digital Nasional Indonesia yang diselenggarakan oleh Kemenkominfo dan Katadata Insight Center pada tahun 2021 disebutkan bahwa Indonesia masih berada dalam kategori “sedang” dengan angka 3.54 dari 5,00.

Maka dari itu, Workshop Literasi Digital ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi.

Adapun informasi lebih lanjut mengenai literasi digital dan info kegiatan dapat diakses melalui website info.literasidigital.id, media sosial Instagram @literasidigitalkominfo Facebook Page dan Kanal Youtube Literasi Digital Kominfo #MakinCakapDigital.