Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi menyelenggarakan Workshop Literasi Digital secara daring pada Senin, 3 September 2023 dengan topik “Kebal Hoaks : Ayo Jadi Nitizen Yang Kritis”.

JAKARTA, Eranasional.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi menyelenggarakan Workshop Literasi Digital secara daring pada Senin, 3 September 2023 dengan topik “Kebal Hoaks : Ayo Jadi Nitizen Yang Kritis”.

Dalam merespon hal tersebut, Kemenkominfo menyelenggarakan “Workshop Literasi Digital” dengan tagline yaitu Makin Cakap Digital 2023 dengan Kelompok Masyarakat dan Komunitas Sumatera.

Aina Masrurin mengatakan Dalam era informasi digital yang luas, penting bagi kita untuk memastikan kebenaran dan keandalan informasi sebelum mempercayainya atau membagikannya.

“Dalam era informasi digital yang luas, penting bagi kita untuk memastikan kebenaran dan keandalan informasi sebelum mempercayainya atau membagikannya. Memeriksa fakta secara kritis adalah keterampilan yang sangat berharga untuk melindungi diri kita dari penyebaran berita palsu atau informasi yang salah.” katanya.

“Dengan melatih skeptisitas, memverifikasi sumber, menggunakan sumber informasi yang tepercaya, dan mengandalkan bukti yang terverifikasi, kita dapat menjadi konsumen yang lebih cerdas dan bertanggung jawab terhadap informasi. Dengan demikian, kita dapat membangun lingkungan digital yang lebih aman, berdasarkan fakta, dan terhindar dari dampak negatif dari penyebaran informasi yang salah.” Sambungnya.

Mujianto mengatakan Selalu berfikir kritis, tidak mudah percaya dengan semua yang kita dapat di dunia digital.

“Selalu berfikir kritis, tidak mudah percaya dengan semua yang kita dapat di dunia digital.” katanya.

Trisno Sakti Hermawanto menuturkan dunia digital adalah dunia kita sekarang ini. Mari mengisinya dan menjadikannya sebagai ruang yang berbudaya, tempat kita belajar dan berinteraksi,

“Mari mengisinya dan menjadikannya sebagai ruang yang berbudaya, tempat kita belajar dan berinteraksi, tempat anak-anak kita bertumbuhkembang, sekaligus tempat di mana kita sebagai bangsa, hadir dengan bermartabat.” tuturnya.

Data Literasi Digital

Perlu diketahui, Berdasarkan Survei Indeks Literasi Digital Nasional Indonesia yang diselenggarakan oleh Kemenkominfo dan Katadata Insight Center pada tahun 2021 disebutkan bahwa Indonesia masih berada dalam kategori “sedang” dengan angka 3.54 dari 5,00.

Maka dari itu, Workshop Literasi Digital ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi.

Adapun informasi lebih lanjut mengenai literasi digital dan info kegiatan dapat diakses melalui website info.literasidigital.id, media sosial Instagram @literasidigitalkominfo Facebook Page dan Kanal Youtube Literasi Digital Kominfo #MakinCakapDigital.