CEO Terraform Do Kwon. Foto:Inet

JAKARTA, Eranasional.com – Salah satu pendiri dan CEO Terraform LabsD, juga dikenal sebagai Kwon Do-hyung, ditangkap pada Kamis, 23 Maret 2023 di Montenegro, sebuah negara pegunungan yang terletak di Eropa Tenggara di Semenanjung Balkan.

Berita itu pertama kali diungkapkan pada 23 Maret oleh Menteri Dalam Negeri Montenegro Filip Adzic yang menjelaskan Kwon ditangkap di bandara Podgorica dengan membawa dokumen identitas palsu.

Menurut sebuah laporan yang diterbitkan oleh AFP pada Jumat, Do Kwon sekarang didakwa melakukan pemalsuan di Montenegro. Kwon juga bepergian dengan seorang pendamping tak dikenal yang juga ditahan.

Sebuah pengaduan pidana diajukan terhadap kedua orang tersebut atas tindak pidana pemalsuan dokumen. Selain dakwaan pemalsuan, jaksa ingin menahan Kwon selama 30 hari karena dia seolah-olah menyangkal dokumen identitasnya dipalsukan.

Selanjutnya, Kim Hee-kyung, juru bicara Kantor Kejaksaan Distrik Selatan Seoul mengatakan kepada AFP pemerintah ingin melihat Kwon diekstradisi kembali ke Korea Selatan.

“Jaksa Korea Selatan akan mengambil langkah untuk memulangkan Kwon Do-hyung. Kami sedang mengerjakan prosesnya,” jelas juru bicara itu, dikutip dari Bitcoin.com, Sabtu (25/3/2023).

Kwon juga menghadapi sejumlah tuntutan hukum di Amerika Serikat termasuk gugatan baru-baru ini yang diprakarsai oleh Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC).

Polisi Montenegro mencatat Kwon dan rekannya telah memalsukan dokumen perjalanan yang berasal dari Kosta Rika dan keduanya ingin terbang ke Dubai. Polisi juga mengatakan setelah pemeriksaan bagasi, ada juga dokumen perjalanan dari Korea Selatan dan Belgia.

Kementerian Dalam Negeri Montenegro mengatakan identitas Belgia milik Kwon juga merupakan dokumen palsu. Nama teman seperjalanan Kwon belum diungkapkan.